Selasa, 15 Januari 2013

Teluk Lampung, Fun And Conserv...

Provinsi Lampung memiliki beberapa bagian laut yang merupakasn sumber kekayaan alam yang tak ternilai, salah satunya sektor pariwisata, dan edukasi.  mulai dari pesisir barat yang kaya akan potensi gelombang tinggi yang siap memanjakan pecinta surfing, pantai timur, Tanggamus dengan teluk kiluan yang menyimpan sisi eksotisme lumba-lumba, hingga surga para penggila diving di gugusan teluk lampung yang luarr biasaaa cantik. Mulai dari biota laut yang terbilang agak melimpah, terumbu karang yang masih terjaga meski ada beberapa titik yang rusak akibat ulah oknum penangkap ikan yang kurang ramah lingkungan.  namun secara keseluruhan teluk lampung masih tergolong cukup indah.

Beberapa pulau di teluk lampung yang menjadi andalan antara lain adalah:
1. P. Tegal Pulau tegal, terletak di pesawaran.  dapat diakses dari Pantai Mutun, Ringgung, atau dermaga ketapang. Disini terdapat 5-6 spot divie dan snorkeling yang cukup safety dan dengan kejernihan yang cukup baik (relatif musim dan angin).  biota seperti penyu, pari, hard coral, dan soft coral, sesekali di bagian lain dari pulau terlihat hiu yang tertangkap mata.

2. P. Puhawang Pulau ini dapat diakses dari tempat yang sama dengan P. Tegal. karena sesungguhnya pulau-pulau di teluk lampung berdekatan.  namun meski begitu pulau-pulau ini menyimpan keindahannya masing-masing. seperti pulau puhawang ini memiliki keindahan pantai yang luar biasa disamping keindahan bawah laut yang indah juga. Pulau ini memiliki 7 Spot Dive dengan berbagai tipe, flat hingga slope. sungguh menantang..

3.  P. Kelagian-Mahitam-Legundi-Tnj.Putus-Balak Keempat pulau ini agak sedikit bergeser ke arah teluk kiluan, tentu saja karakternya juga agak sedikit berbeda dengan pulau lain, namun justru itu yang mejadi daya tarik tersendiri dari para penyelam.  Bahkan Ikan-Ikan besar masih dijumpai di perairan ini.

4. Krakatau Anak krakatau terletak di Lampung selatan. kita bisa mengangkses pulau ini dari pelabuhan canti lampung selatan, kemudian menuju pulau sebesi. anak krakatau dikelilingi oleh 3 pulau utama yang dulunya menjadi satu kawah besar sebelum letusan 1883. pulau utama tersebut adalah Sertung, Rakata, dan Panjang. Peraian ini memiliki site penyelaman yang beraneka ragam dari grade pemula hingga advance. kecantikannya pun luar biasa, karena setelah dive kita bisa melakukan tour mendaki ke puncak krakatau yang legendaris, tentu saja setelah mendapat izin dari petugas BKSDA LAMPUNG yang berjaga disana. tenang karena kita akan dipandu oleh mereka, yang penting tidak nyampah ya...:)

Ini ada beberapa operator dive yang bisa kalian hubungi kalau ada rencana melakukan penyelaman di lampung.

1. Lampung Dive Center (089631332549)
2. Anemon Diving Club Unila
3. Forum Penyelam Mahasiswa Lampung





daftar harga sewa alat bisa dihubungi ke operator masing2, tapi kalo admin bisa kasih gambaran yah ga jauh beda ama operator dive luar lampung deh untuk harga sewa dengan jasa buddy. pokoknya seruuuu. masih banyak lagi gan situs dive yang bisa kalian kunjungi di lampung, karena admin mau sarapan dulu, jadi ya sementara sigini dulu yaaaa....:)

2 komentar:

  1. saya ingin belajar dive di lampung bagaimana caranya ? terima kasih

    BalasHapus
  2. Halo

    Perkenalkan saya Wening dari majalah Divemag Indonesia. Saya ingin melakukan dive trip di Lampung. Adakah alamat email yang bisa saya hubungi untuk informasi lebih lanjut?

    Thanks

    BalasHapus