Kamis, 04 Juli 2013

Pelantikan dan Peresmian Forum Penyelam Mahasiswa Lampung


“ Biru Lautku Hijau Daratanku”



Penyerahan Trisula
Forum Penyelam Mahasiswa Lampung  (FOPMALA) resmi dibina oleh Angkatan Laut Lampung. Pada tanggal 01 Juni 2013 tepatnya pukul 09.30 WIB acara peresmian Forum Penyelam Mahasiswa Lampung yang dihadiri oleh Kapten Laut (P) Tanuch dari Dinas Potensi Maritim AL Teluk Ratai dan juga dihadiri oleh Komandan Satuan Markas (Dansatma) Kapten Laut (P) Muh. Ritaudin dinyatakan sah berdiri di bawah binaan TNI AL  Lampung.  Sayangnya pada waktu bersamaan, Komandan Pangkalan TNI AL Lampung Kolonel Laut (E) Ir Fery Sidjaja sedang mendapat mandat dinas mendesak sehingga tidak dapat hadir dan melantik langsung pada acara ini. Beliau menyampaikan permohonan maafnya melalui para perwira AL yang mewakili dirinya.

Forum ini terdiri dari mahasiswa Lampung yang menjadi wadah bagi para pemuda Lampung yang mencintai keindahan laut lampung serta peduli dengan pelestarian sumber daya alam laut lampung. Pecinta Bahari dan konservasi.  Berdiri sejak 2 November 2012 atas prakarsa Klub Selam Anemon Unila dan beberapa penyelam muda/pecinta selam/laut/bahari Lampung dan dibina oleh Pangkalan Angkatan Laut Teluk Ratai Piabung, Lampung.

Acara dimulai dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu indonesia raya dengan penuh hikmat. Sambutan dari Kapten Laut (P) Tanuch sekaligus melantik dan meresmikan pengurus Forum Penyelam Mahasiswa Lampung dan secara simbolik menyerahkan tongkat “Trisula” (bertonggak tiga mirip dengan dewa neptunus, *pen) yang diatasnya terikat bendera kebanggaan Fopmala kepada Ketua umum. Diakhir acara peresmian dan pelantikan dilakukan pemotongan pita oleh Kapten Laut (P) Tanuch sebagai tanda pelepasan pasukan Fopmala menuju pulau kelagian untuk melaksanakan kegiatan transplantasi terumbu karang, bersih pantai serta pelatihan selam scuba. Acara ini dihadiri oleh 27 pasukan Fopmala dari berebagai organisasi yang tergabung di dalamnya.

Pada tanggal 02 juni 2013 pasukan Fopmala yang telah berada di pulau Klagian melaksanakan kegiatan transplantasi yag merupakan salah satu cara rehabilitasi terumbu karang yang akhir- akhir ini mengalami kerusakan yang drastis akibat ulah manusia serta gejala alam. Oleh karena itu Forum Penyelam Mahasiswa Lampung berinisiatif untuk melakukan aksi penyelamatan lingkungan yang di mulai dari merehabilitasi terumbu karang.

Berkat kerjasama yang baik acara berlangsung dengan baik. Satu rak transplan ahirnya berhasil di letakan di bagian timur pulau kelagian. Sehabis acara tersebut Forum Penyelam Mahasiswa Lampung mengadakan pengenalan alat scuba serta aplikasinya langsung terhadap anggota Fopmala. Matahari mulai terbenan, senja menjelang, pasukan Fopmala enggan rasaya untuk meninggalkan pulau klagian, aksi bersih pantai pun dilakukan sebagai bentuk kepedulian Forum Penyelam Mahasiswa Lampung Terhadap Kebersihan Pantai.

Terima kasih Kepada Bapak Danlanal Teluk Ratai Kolonel Laut (E) Ir Fery Sidjaja beserta jajaran. Seluruh Organisasi Pecinta Alam Se-Lampung. Radar Lampung, Anemon Diving Club, dan Lain-lain. Semoga ini menjadi awal kebangkitan pemuda Lampung untuk membangun tanah kelahiran kita. Jalesveva Jaya Mahe.

Pen: N. Alfatih





2 komentar: